Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 67 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 50 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 79 | Komentar

Baca


Untirta Terima 4.070 Mahasiswa Baru


SERANG
– Rektor Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Sholeh Hidayat mengatakan, berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi pola Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN tahun 2018 dilaksanakan tiga jalur.

“Pertama jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa dan prestasi lainnya yang bersumber dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS),” kata Rektor Untirta kepada Banten Raya, kemarin.

Kedua, kata Sholeh, seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode ujian tulis berbasis cetak (UTBC) atau ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dengan menggunakan android.

“Seleksi jalur kedua ini juga melakukan kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan bagi calon mahasiswa, yang memilih program studi tertentu seperti olahraga dan kesenian,” ungkapnya.
Sedangkan jalur terakhir, lanjut Rektor, jalur seleksi mandiri yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN dan dapat memanfaatkan nilai hasil SBMPTN. “Model UTBK dengan

menggunakan android ini merupakan rintisan model penerimaan mahasiswa baru melalui Pusat Layanan Tes (Test Center), yang dapat diikuti waktunya kapan saja seperti halnya mengikuti tes Toefl atau Elt,” ujar Sholeh menjelaskan.

Pakar pendidikan di Banten ini kembali menjelaskan, SNMPTN dan SBMPTN tahun 2018 secara resmi telah diluncurkan di Auditorium Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tanggal 12 Januari 2018 lalu.

“Peresmian launching oleh Menristekdikti bersama Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN dan disaksikan oleh para Rektor PTN seluruh Indonesia, wakil dari beberapa SMA/SMK/MA di Indonesia, serta para pejabat di lingkungan Kemenristekdikti,” ungkapnya.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada tahun akademik 2018/2019, lanjutnya, akan menerima mahasiswa baru sebanyak 4.070 orang terdiri atas jenjang Sarjana (S1) 3.505 orang, untuk 36 program studi termasuk program studi baru yaitu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian.

“Program Diploma terdiri dari 5 program studi yaitu Diploma III Akuntansi, Keuangan dan Perbangkan, Marketing, Perpajakan dan Keperawatan 285 orang, dan 280 orang program magister (S2) 9 program studi yaitu Teknologi Pendidikan termasuk konsentrasi Manajemen Pendidikan dan Pendidikan Usia Dini (PAUD), Hukum, Akuntansi, Manajemen, Administrasi Publik, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika serta Ilmu Pertanian,” paparnya.

Untirta juga memberikan apresiasi kepada lulusan SLTA yang memiliki prestasi nonakademik, seperti hafal Alquran minimal 15 juz, bidang olah raga dan seni dengan menyertakan dokumen yang menyatakan prestasi tersebut dan pendaftaran bidikmisi pada saat mengisi PDSS. “Kami juga memiliki program beasiswa selain bidikmisi,” imbuhnya. (satibi)

Beri komentar


Security code
Refresh