Crime News

Pelaku Utama Pembunuhan Siti Dituntut 10 Tahun

News image

SERANG - ER (18), terdakwa pembunuhan Siti Marhatusholihat (17), warga Ka...

Hukum & Kriminal | Rabu, 17 Januari 2018 | Klik: 32 | Komentar

Baca

Tabrak Mobil, Pengendara Motor Tewas

News image

SERANG- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Abdul Fatah Hasan, Ko...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 101 | Komentar

Baca

Babeh Terancam 15 Tahun

News image

JAKARTA- Kembali terjadinya kasus sodomi membuat khawatir beberapa pihak. Menteri Pe...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 77 | Komentar

Baca


Soal Perekrutan, Panwaslu Serahkan ke Pusat


SERPONG - Adanya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Kepemiluan, mendapat perhatian dari ketua Panitia pengawas Pemilu (Panwaslu). Dimana nanti Panwaslu kota /kabupaten akan berubah nama menjadi Badan

Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan ada penambahan komisioner dari 3 orang menjadi 5 orang. Ketua Panwaslu Tangsel, Aas Sabtibi, menjelaskan, proses perekturan calon komisioner, kewenangannya berada pada Bawaslu RI. Bahkan, berdasarkan hasil konsultasi antara Bawaslu dengan komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Rebpublik Indonesia (DPRRI), tiga orang komisioner yang sudah ada sebelumnya akan mengikuti tes kembali.

“Anggota Panwas yang sudah ada akan ikut tes kembali karena kemarin tidak ada tes psikologi. Mengenai aturan dan mekanismenya masih menunggu peraturan Bawaslu. Kewenangan mengangkat dua orang komisioner tambahan ada di Bawaslu RI,” ujarnya, Minggu (10/12).

Ia menjelaskan, kewenangan pengangkatan dua komisioner tambahan tidak dipungkiri akan dilakukan oleh Bawaslu Provinsi jika ada pendelegasian dari Bawaslu RI. Menurutnya penambahan dua orang komisioner sangat perlu dilakukan, mengingat proses tahapan pemilihan sudah berjalan di Tangsel.

“Kita harap segera (mengangkat komisioner,red) karena penyelenggaraan pemilihan kali ini spesial, sehingga perlu ada persiapan ekstra. Semakin banyak akan semakin baik,” tambahnya seraya emngharapkan lembaga Panwaslu Tangsel agar menjadi permanen.

Sekadar diketahui di tahun 2019 mendatang, Tangsel akan menghadapi dua kali pemilihan, yaitu pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), sehingga adanya penambahan anggota komisioner
Panwas sangat diperlukan.

Aas mengatakan, adanya penambahan anggota komisioner akan berpengaruh terhadap kinerja dan performance untuk lebih baik. Dimana idealnya anggota komisioner Panwaslu lebih dari tiga orang. “Idealnya anggota Panwaslu itu lima orang, agar kinerja dan perforrmancenya lebih baik,” tambahnya seraya mengaku belum mengetahui jadwal perekrutan komisioner Panwaslu.

Lebih lanjut, ia mengharapkan selama proses perekrutan dapat menerima orang yang berkompetensi dan sudah berpengalaman dalam proses kepemiluan. Sehingga proses kepemiluan dapat segera berjalan sesuai jadwal dan menciptakan pemilu yang berkualitas.  “Kita perlu orang yang berkompeten dan berpengalaman, untuk menciptekan Pemilu yang berkualitas,”pungkasnya. (rbnn)

Beri komentar


Security code
Refresh