Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 38 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 78 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 105 | Komentar

Baca


Dua Kawanan Penjahat Spesialis ATM Dibekuk


Tangsel
- Bagi nasabah yang hendak mengambil uang tunai di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) harap berhati-hati dan jangan mudah percaya kepada orang asing yang menawarkan bantuan. Pasalnya, banyak penjahat yang menjadikan nasabah saat mengambil uang di ATM sebagai target kejahatannya.

Seperti yang dilakukan DH alias Dedi (47) dan DW alias Darmin (38). Duo sekawan yang dibekuk aparat Polsek Pondok Aren ini memilih target nasabah di ATM yang hendak mengambil uang tunai. Lokasinya, di kawasan sekitar Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dalam aksinya, masing-masing pelaku membagi tugas. Pelaku pertama datang ke mesin ATM untuk memasukan kartu ATM yang sudah dimodifikasi. ATM Bank BRI menjadi target pelaku. Setelah itu, kartu ATM yang diberi lidi dan terbalut sedotan plastik itu dimasukan dengan posisi kartu diberikan tali. Ini agar kartu ATM tak tertelan.

Setelah lidi berhasil tersangkut di dalam mesin ATM, kemudian pelaku pertama pergi meninggalkan mesin ATM. Tak berapa lama, pelaku kedua yang sudah menanti, datang ke ATM sembari menunggu calon korbannya. Ketika calon korban datang dan memasukan kartu ATM-nya, dipastikan bahwa kartu itu bakal tersangkut.

Pelaku kedua, lantas menawarkan bantuan kepada calon korban sembari mengintip PIN kartu ATM korban. Di saat kartu ATM milik korban tersangkut dijebakan mesin yang sebelumnya disiapkan, pelaku kedua menunggu hingga korban meninggalkan kartu ATM dan pelaku memberikan saran kepada korban utk segera melapor ke pihak Bank.

Saat korban pergi meninggalkan masin ATM pelaku kedua juga ikut meninggalkan mesin ATM sembari mengingat PIN kartu ATM korban. Lantas, pelaku kedua memberikan PIN ATM korban kepada pelaku
pertama, yang langsung beraksi mengambil kartu ATM korban yang tersangkut dengan mencongkel menggunakan gergaji besi. Setelah kartu ATM korban berhasil diambil, pelaku pun langsung menguras
isi ATM korban.

Sayangnya, aksi yang dilakukan dua pelaku ini tak sukses dijalankan di ATM BRI Jalan Maleo Raya, Pondok Aren. Keduanya terpergok setelah korbannya, Pujiono kembali ke mesin ATM untuk mengambil kartu ATM-nya."Pelaku sempat diamankan warga. Setelah itu, dua pelaku langsung diamankan Subnit Reskrim Polsek Pondok Aren," kata Kapolsek Pondok Aren, Komisaris Indra R menjelaskan kepada wartawan, Kamis (13/7).

Dari tangan pelaku, menurut kapolsek, petugas mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu lembar Kartu ATM BRI yang sudah dimodifikasi diberikan tali, lidi kecil yang sudah dimodifikasi dengan dibalut sedotan plastik, tiga lembar kartu ATM milik korban yang berhasil diambil oleh pelaku serta satu buah gergaji besi.

"Dari keterangan sementara, pelaku baru tiga kali melakukan aksinya, yakni di SPBU Alam Indah Cipondoh sebanyak dua kali dan yang terakhir di Bintaro Pondok Aren. Saat ini pelaku diamankan di Mapolsek Pondok Aren," tandasnya.

Pelaku dijerat pasal 33 KUHP Jo Pasal 53 KUHP. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati ketika melakukan transaksi di ATM. "Jangan mudah percaya kepada orang asing. Kalau kartu ATM tertelan, langsung hubung call center bank terkait untuk pemblokiran kartu," katanya. (iwan)

Beri komentar


Security code
Refresh

Komentar Terakhir