Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 66 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 50 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 79 | Komentar

Baca


16 Parpol Dinyatakan Lolos Verfak


CILEGON
– Berbagai tahapan pendaftaran calon Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tengah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dimana, KPU Kota Cilegon memutuskan bahwa 16 Parpol yang mendaftar sudah dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) karena Parpol pendaftar telah lulus penelitian administrasi dan Verifikasi Faktual (Verfak).

"100 persen lulus penelitian administrasi dan verfak yang sudah dilakukan oleh KPU Kota Cilegon, sehingga sekarang mereka kami nyatakan MS. 16 Parpol yang mendaftar semuanya kami nyatakan MS," kata Kepala Divisi Pendaftaran Parpol pada KPU Kota Cilegon Habibi Haliburton kepada Banten Raya, Kamis (8/2).

Habibi menjelaskan, hasil MS tersebut akan diberikan kepada KPU Provinsi Banten untuk ditindak lanjuti dalam  rekapitulasi partai politik. Hasil rekap tersebut akan menjadi dasar dalam penentuan MS atau tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU Republik Indonesia (RI) nanti. "Kami serahkan sebagai landasan untuk rekapitulasi Parpol di KPU Provinsi nanti. Waktunya belum ditentukan dan akan diberikan informasi kepada kami," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cilegon Fathullah mengungkapkan, meski beberapa Parpol sempat mengalami masa perbaikan. Namun, karena mampu melakukan perbaikan sesuai dengan ketentuan aturan dan perundang-undangan maka kami nyatakan MS.

"Kami berikan masa perbaikan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan. Beberapa Parpol yang sempat melakukan perbaikan telah selesai dan MS. Karena berbagai Verfak seperti verfak kepengurusan dan juga kenaggotaan serta administrasi telah lengkap sesuai dengan ketentuan," ungkapnya.

Komisioner KPU Provinsi Banten Syaeful Bahri menerangkan, untuk bisa dinyatakan lulus atau MS Parpol harus memenuhi ketentuan minimal 75 persen Kabupaten/Kota dinyatakan MS. Artinya minimal 6 Kabupaten/Kota di Provinsi Banten harus lulus."Jika mau MS maka minimal 75 persen Kabupaten/Kotanya harus dinyatakan MS. Jika di Provinsi Banten ada 8 Kabupaten/kota maka 75 persennya harus 6 kabupaten/kota dinyatakan MS," terangnya. 

Saat ditanya siapa Parpol yang berpotensi tidak lolos Syaeful Bahri enggan menjelaskan secara gamblang. "Teman-teman (wartawan-red) yang lebih tahu mana Parpol yang berpotensi lulus dan mana yang tidak. Nanti saja kami sampaikan setelah digelar rekap dan ada hasil rapatnya," jelasnya. (uri)

Beri komentar


Security code
Refresh