Crime News

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 497 | Komentar

Baca

Ayah Hamili Anak Kandung

News image

TANGSEL - Entah setan apa yang merasuki otak NS (44). ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 19 Juli 2017 | Klik: 611 | Komentar

Baca

Pulang Apel Dikeroyok, 1 Tewas

News image

SERANG – Sufroni (42), warga Kampung Kebon Kelapa, Rt.04/04, Desa ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 7 Juli 2017 | Klik: 489 | Komentar

Baca


Program Pemerintah Kelurahan Ketileng Tingkatkan Tupoksi Satlinmas Lewat Pembinaan


Setiap anggota Satuan Pelindung Masyarakat (Satlimas) harus mengetahui dan memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Satlimas yang tertuang dalam Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri). Atas dasar itu, Pemerintah Kelurahan Ketileng, Kecamatan Cilegon memberikan pembinaan peningkatan kapasitas Tupoksi Satlinmas dilingkungan wilayahnya.

"Kami memberikan pembinaan kepada 22 anggota Satlinmas agar mereka paham dan menjalankan tugasnya sesuai dengan Permendagri yaitu satlinmas merupakan satuan yang membantu penanggulangan bencana, menjaga keamanan, ketenteraman dan ketertiban, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan dan membantu upaya pertahan negara," kata Lurah Ketileng Halusi kepada Banten Raya, Senin (2/10).

Halusi mengungkapkan, ada paradigma dan persepsi warga yang salah tentang Satlinmas. Anggota Linmas bukan garda terdepan dalam setiap event hajatan dengan menjaga parkir dan perasmanan. "Untuk itu, kami memberikan pembinaan agar paham dan mengerti tugasnya, sehingga tidak lagi secara institusi Satlinmas terlibat dalam hajatan.

Selama ini yang terjadi adalah Linmas hanya difungsikan jika ada hajatan warga sebagai tukang parkir dan penjaga perasmanan. Secara personal hal tersebut diperbolehkan, namun jangan memakai seragam dan membawa institusi Satlinmas, karen fungsinya bukan untuk menjaga orang hajatan," ungkapnya.

Halusi menjelaskan, dalam pembinaan tersebut, anggota Satlinmas ditekankan mengenai fungsinya sebagai satuan yang membantu dalam penanggulangan bencana serta membantu Ketua Rukun Tangga (RT) dan Rukun Warga (RW) berkaitan dengan kependudukan.

"Pemerintah kelurahan sudah memberikan pembekalan terkait dengan penanggulangan dan pencegahan kebakaran kepada anggota Satlinmas, kami berharap satlinmas menjadi ujung tombak jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran atau bencana diwilayah Kelurahan Ketiling, Disamping itu linmas harus juga menjadi rekan dan membangun koordinasi yang baik dengan RT/RW dalam membantu persoalan administrasi kependudukan," jelasnya.

Sementara itu, Camat Cilegon Idad Zaldad menyampaikan, paradigma lama Satlinmas secara Tupoksi tidak jelas. Anggota Satlinmas cenderung difungsikan untuk menjaga hajatan. "Untuk itu, setiap anggota Satlinmas harus diberikan pemahaman agar mengerti dengan tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan.

Paradigma kekiniman itu anggota Satlinmas bukan lagi menjaga hajatan. Namun, dirubah menjadi penjaga pembangunan dan membangun hubungan serta koordinasi dengan warga dalam menjaga keamanan, ketertiban dan ketenteraman lingkungan," ungkapnya.

Idad menegaskan, setiap camat dan lurah mesti memberikan motivasi dan pembinaan kepada Linmas, agar anggota Satlinmas mampu memiliki peningkatan kapasitas Tupoksi-nya sebagai anggota satuan.

"Secara aspek teoritis Satlinmas harus disiplin, mengeti PBB (Peraturan baris – berbaris), dan performa (Tampilan - red) harus bagus. Secara SDM (Sumber Daya Manusia) juga dibina mental dan spiritualnya karena anggota Satlinmas merupakan prototipe penjaga keamanan negara," tuturnya. (mg-uri)

Beri komentar


Security code
Refresh