Crime News

Kabur ke Hutan, Pencuri Ditembak Polisi

News image

LEBAK - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lebak menembak dua da...

Hukum & Kriminal | Selasa, 7 November 2017 | Klik: 117 | Komentar

Baca

Uang ATM Ratusan Juta Dibobol Maling

News image

PANDEGLANG – Sebuah minimarket di jalan Pandeglang-Serang, Kampung Cigadung, Kelurahan Ci...

Hukum & Kriminal | Jumat, 3 November 2017 | Klik: 163 | Komentar

Baca

Sehari, 3 Motor Digasak Maling

News image

CILEGON - Kasus pencurian kendaraan bermotor atau Curanmor kembali marak ...

Hukum & Kriminal | Jumat, 21 Juli 2017 | Klik: 616 | Komentar

Baca


Job Fair Dibanjiri Pencaker Luar Kota


CILEGON
- Bursa kerja atau job fair yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon di Aula Restoran Sari Kuring Indah, Kamis (18/5) ternyata dibanjiri oleh para Pencari Kerja (Pencaker) asal luar kota Cilegon, seperti Serang, Jakarta dan lainnya.

Saking padatnya peminat, job fair tersebut sempat diwarnai aksi saling dorong para Pencaker. Aksi saling dorong tersebut hanya beberapa saat saja, kemudian petugas jobfair mengatur para pencaker yang akan masuk ke dalam ruang bursa kerja.

Kepala Disnaker Kota Cilegon Bukhori mengatakan, adanya aksi saling dorong para pencaker lantaran atusiasme pencaker yang tinggi. Kesiapan panitia telah cukup untuk mengantisipasi aksi dorong-dorongan. "Karena panas, yang dibelakang jadi pengen cepat masuk," katanya kepada Banten Raya, kemarin.

Dijelaskan Bukhori, antusiasme pencaker luar kota juga cukup tinggi dalam mengikuti job fair di Kota Cilegon. Bahkan, jumlah lowongan yang tahun 2017 ini dibuka bertambah dari tahun sebelumnya. "Kalau ada job fair lagi, nanti kita upayakan perusahaannya bertambah," jelasnya.

Ditambahkan Bukhori, job fair 2017 diaukinya berjalan secara tertib. Kedepan, pihaknya juga akan melakukan evaluasi penyelenggaraan job fair tersebut. Rencananya, Disnaker Kota Cilegon juga akan menyelenggarakan job fair sebanyak dua kali dalam satu tahun. 

Kepala Seksi (Kasi) Penempatan Tenaga Kerja Lokal pada Disnaker Kota Cilegon, Wawan Gunawan mengatakan, total perusahaan yang mengikuti jobfair tahun ini ada 41 perusahaan. Sementara, jumlah lowongan yang tersedia sebanyak 1.419 pencaker. Dari jumlah tersebut, penempatan kerja di Kota Cilegon sebanyak 943, penempatan kerja di luar Kota Cilegon 321, dan penempatan kerja di luar negeri sebanyak 155. "Jenis pekerjaan dan perusahaanya juga bervariasi ada marketing, admin, dan lain-lain," terangnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi mengatakan, pihaknya berharap kegiatan bursa kerja bisa dilaksanakan satu tahun bisa diadakan dua kali. Ha itu dikarenakan minat masyarakat cukup tinggi. "Jumlah lowongan yang tersedia saat ini 1.400 lebih memang masih defisit karena jumlah angka pengangguran di Kota Cilegon cukup tinggi. Namun, tahun ini terbilang meningkat karena tahun lalu hanya sebanyak 1.062 lowongan kerja," katanya.

Menurut Iman, job fair sebagai sara mempertemukan antara pencaker dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Dirinya juga mengimbau kepada Disnaker agar rajin berkomunikasi dengan perusahaan, agar pada job fair lain waktu jumlah perusahaan bisa bertambah. "Kami juga meminta perusahaan memprioritask warga lokal," pintanya.

Salah seorang pencaker, Dela Armina mengatakan, jumlah perusahaan dianggap cukup banyak, dan jenis pekerjaan juga bervariasi. Namun, dirinya mengeluhkan arena jobfair yang fasilitasnya kurang lengkap. Sehingga, ketika pencaker akan menulis bidoata dan persyaratan lain harus duduk di lantai.

"Iya kita harus jongkok, harusnya sih ada kursi sama meja buat nulis, ya fasilitasnya ditambah," keluhnya.Peserta job fair yang lainnya, Yayan juga mengeluhkan hal yang sama. Dimana, fasilitas di job fair masih minim meja dan kursi. "Padahal kita kan harus nulis lamaran juga di situ," kata Yayan. (gillang)

Beri komentar


Security code
Refresh