Crime News

Ayah Perkosa Anak Kandung Hingga Hamil

News image

SERANG - F (17), warga Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok, Kota ...

Hukum & Kriminal | Sabtu, 17 Februari 2018 | Klik: 34 | Komentar

Baca

Pemilik Toko Alat Listrik Tewas Bersimbah Darah

News image

PANDEGLANG - Siti Aminah (30), tewas di rumahnya, di RT01/01, ...

Hukum & Kriminal | Rabu, 14 Februari 2018 | Klik: 42 | Komentar

Baca

Bayi Perempuan Dibuang di Semak-Semak

News image

PANDEGLANG - Warga Kampung/Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk digegerkan dengan penemuan ...

Hukum & Kriminal | Kamis, 8 Februari 2018 | Klik: 69 | Komentar

Baca


Pangan Lokal Jadi Komotias Unggulan


PANDEGLANG
- Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Pandeglang menggelar kegiatan acara Festival Pangan Lokal dengan tema "menu cipta oleh-oleh khas Pandeglang", di Alun-Alun Pandeglang, Minggu (4/2).

Acara ini dibuka Bupati Pandeglang Irna Narulita dan dihadiri oleh jajaran instansi terkait serta masyarakat Pandeglang.Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan tujuan kegiatan ini sebagai upaya Pemerintah Pandeglang dalam mempromosikan berbagai ragam pangan lokal beserta olahannya kepada masyarakata luas.

"Acara ini agar mendorong minat dan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan, dan menciptakan menu berbasis sumber daya lokal oleh-oleh khas Pandeglang," kata Irna saat menyampaikan sambutan pembukaan Festival Pangan Lokal.

Ia menambahkan, hasil dari keativitas juru masak ini diharapkan dapat menjadi produk olahan unggulan yang memiliki cita rasa yang khas. Selain itu mempunya daya saing dan daya jual yang baik sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, serta memberikan citra positif bagi Pandeglang.

"Berkembagnya sektor pariwisata di pandeglang dengan berbagai destinasi wisata yang telah dikenal wisatawan menjadi peluang yang sangat besar bagi pelaku usaha pengelolah pangan lokal dalam menampilkan oleh-oleh khas Pandeglang dari bahan lokal, sehingga wisatawan untuk konsumsi kuliner dan buah tangan harus memicu kita untuk selalu kreatif dan inovatif menciptakan menu-menu yang disukai konsuemn/ wisatawan," jelas Irna.

Pihaknya menuturkan, kesediaan bahan pangan lokal yang ada diyakini akan banyak menghasilkan raga menu makanan yang khas, sehat dan lezat. "Diharapkan dengan kreasi menu yang diciptakan melalui lomba ini dapat menjadi oleh-oleh khas Pandeglang dan dikenal banyak orang,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang Muhammad Amri mengatakan kegiatan seperti ini rutin diadakan  setiap tahun dalam rangka mengenalkan produk olahan pangan lokal."Agar masyarakat terutama daerah Pandeglang dapat mengkonsumsinya," katanya.

Ia berharap, kegiatan pangan lokal ini terus berkelanjutan dalam menciptakan menu khas Pandeglang dan menjadi daya tarik bagi masyarakat luas terutama bagi para wisatawam yang datang ke Pandeglang.
Dalam kegiatan fertival tersebut,  ada kegiatan lomba cipta menu oleh-oleh khas Pandeglang  yag diikuti para peserta dari chef hotel & restoran se Banten dan pelaku UKM se Kabupaten Pandeglang.
Melalui gelaran ini, pantia penyelengga menyiapkan total hadiah Rp12,5 juta dan trophy serta bingkisan menarik dari sponsorship untuk para pemenang lomba.

Dalam acara lomba tersebut terbagi menjadi dua kategori yaitu kategori UKM dan kategori Chef Hotel & restoran. Dalam acara lomba ini sebagai Dewan Jurinya yaitu dari Ketua Harian PHRI BPD Provinsi Banten GS Ashok kumar, dan Kadis Pariwisata Prov. Banten  Eneng Nurcahyati. (ismet)