Crime News

Pelaku Utama Pembunuhan Siti Dituntut 10 Tahun

News image

SERANG - ER (18), terdakwa pembunuhan Siti Marhatusholihat (17), warga Ka...

Hukum & Kriminal | Rabu, 17 Januari 2018 | Klik: 29 | Komentar

Baca

Tabrak Mobil, Pengendara Motor Tewas

News image

SERANG- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Abdul Fatah Hasan, Ko...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 97 | Komentar

Baca

Babeh Terancam 15 Tahun

News image

JAKARTA- Kembali terjadinya kasus sodomi membuat khawatir beberapa pihak. Menteri Pe...

Hukum & Kriminal | Senin, 8 Januari 2018 | Klik: 73 | Komentar

Baca


Direksi PT SBM Diberhentikan


SERANG – Pemkab Serang bersama dengan dewan komisaris dan direksi PT Serang Berkah Mandiri (SBM) menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS). Dalam RUPS tersebut dua jajaran direksi PT SBM yaitu direktur utama (dirut) Setiawan Arif Widodo dan direktur operasional Iman Nur Rosyadi diberhentikan. Selain memberhentikan direksi, RUPS juga memberhentikan secara hormat dewan komisaris independen Lalu Atharussalam Rais.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menjelaskan, pemberhentian jajaran direksi PT SBM selain karena periodenya yang telah habis juga dalam rangka melakukan peremajaan jajaran direksi. “Secara hormat kita memberhentikan dua jajaran direksi dan satu dewan komisaris independen. Kemudian ada perubahan struktural yang tadinya hanya ada dirut dan direktur operasional, sekarang ada direktur administrasi dan keuangan,” kata Pandji saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/1).

Ia menjelaskan, dibentuknya direktur administrasi dan keuangan bertujuan agar setiap transaksi keuangan PT SBM lebih transparan, karena selama ini transaksi keuangan hanya diketahui oleh dirut saja. “Setelah direksi yang lama diberhentikan, kita secepatnya akan mengadakan open bidding untuk jabatan dirut, direktur operasional, serta direktur administrasi dan keuangan plus komisaris independen. Saya harapkan komisaris independen ini yang bisa memahami visi misi bisnis sebuah perusahaan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, rencana open bidding direksi PT SBM akan dibarengkan dengan open bidding direktur kepatuhan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Serang dan salah satu direksi PD PK Ciomas. “Yang menjadi catatan pada RUPS semalam (kemarin-red) kita ingin memperbaiki kinerja peusahaan dengan mengganti jajaran direksi, karena disamping masa jabatan sudah tiga priode berturut-turut juga kinerja perusahaannya belum maksimal,” paparnya.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Serang Mansur Barmawi mengatakan, pihaknya telah menyarankan agar Pemkab Serang mengevaluasi secara menyeluruh PT SBM dan melakukan audit. “Audit itu bisa dilaksanakan oleh inspektorat atau oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dengan tujuan tertentu, sehingga hasilnya kita bisa mengetahui seperti apa. Sebelum ada pergantian jajaran direksi itu sudah kita sampaikan,” kata Mansur.

Politisi PKS itu menuturkan, audit perlu dilakukan untuk mendalami kerugian yang terjadi, agar kerugian tidak terus berlanjut, meski yang namanya usaha pasti mengalami keuntungan atau kerugian. “Kalau sudah diberhentikan harus secepatnya pemerintah mengadakan open bidding, hanya memang kita harus benar-benar mencari orang yang punya kemampuan, wawasan, dan pemahaman usaha yang baik, karena SBM ini berbeda dengan BUMD yang lainnya, usahanya tidak spesifik tapi serbausaha,” tuturnya. (tanjung)